Minggu, 13 Maret 2022

Modul Projek Kelas 4 Smester 1

 

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA FASE B

SEMESTER I TAHUN AJARAN 2021-2022

 



 


    TEMA                     : KEWIRAUSAHAAN

JUDUL PROJEK   : PEMBUATAN KOMPOS DARI SAMPAH ORGANIK

PENYUSUN          :  1. Sumiyati, S.Pd

                                  2. Siti Aisyah, S.Pd

                                  3. Putri Raya, S.Pd

 

 

 

 

SD NEGERI 12 KAYUAGUNG

  TAHUN AJARAN 2021-2022

 

MODUL PROJEK

PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Aktivitas 1: Membuat Pupuk Kompos dari bahan Organik

 

Informasi Umum

Penulis modul

Sumiyati,S.Pd.Siti Aisah,S.Pd.Putri Raya,S.Pd (SDN 12 Kayuagung)

Sarana dan prasarana

 

Ruang Kelas,Lembar Kerja Peserta Didik,

Target peserta didik

 

Kelas IV Jumlah siswa 60 Orang(19 lk+15 Pr)

Relevansi tema dan topik projek untuk satuan pendidikan

 

Hubungan Kewirausahaan dengan tema Pembuatan kompos dari sampah organik untuk satuan pendidikan,agar dapat meminimalisir penumpukan sampah organik pada lingkungan satuan pendidikan.Bahwa dalam lingkungan sekolah terdapat banyak pohon,sehingga memungkinkan untuk membuat kompos dari sampah  organik.

 

 

Komponen Inti

Deskripsi Singkat Projek

 

Membuat kompos dari sampah organik berupa kegiatan menggali kreatifitas siswa dalam pemanfaatan sampah organik

 

Dimensi dan subelemen dari profil pelajar Pancasila yang berkaitan

 

Mandiri:

·         Pemahaman diri dan situasi; mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi.

·         Pemahaman diri dan situasi ; mengembangkan refleksi diri.

·         Regulasi diri, percaya diri, resilien dan adaptif.

 

Gotong royong:

·         Kolaborasi, kerjasama

·         Kepeduliaan : tanggap terhadap situasi sosial

·         Berbagi

Kreatif:

Tujuan spesifik untuk fase tersebut

 

Peserta didik dapat

 

Alur kegiatan projek secara umum

Persiapan :

1.      Guru menyiapkan lembar observasi yang akan diisi siswa (C).

2.      Guru menyiapkan template grafik gambar yang akan digunakan siswa untuk menuangkan data yang diambil sebelumnya.

3.      Guru menyiapkan stiker atau bisa membuat stiker sederhana dengan menggunakan kertas warna warni dibentuk lingkaran, persegi, segitiga, dll.

 

Pelaksanaan :

1.Guru mengucapkan salam pada siswa

2. siswa berdoa bersama yang dipimpin oleh ketua kelas

3.Guru menanyakan kabar siswa

4.Siswa menonton tayangan singkat berupa video tentang pemanfaatan sampah organik.

5.Menyampaikan tujuan pembelajaran projek

6.Guru memulai projek dengan menanyakan apa saja  contoh sampah organik dan non organik.  Guru bertanya lebih lanjut kepada siswa dengan beberapa pertanyaan pemantik seperti berikut :

    1. Dimana kamu biasanya menemukan sampah?
    2. Sampah apa saja yang kamu temui?
    3.  Adakah sampah yang dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk?

 

Asesmen

Dimensi: Mandiri,Gotong royong,dan kreatif

Pertanyaan pemantik

a.   Dimana kamu biasanya menemukan sampah?

b.   Sampah apa saja yang kamu temui?

c.       Adakah sampah yang dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk?

 

 

 

Pengayaan dan remedial

Informasi tentang jenis-jenis sampah organik

Refleksi peserta didik dan pendidik

 

Apa pendapat kalian tentang pembelajaran kita hari ini?

Apa pendapat kalian tentang kompos?

 

 

Mengetahui

Kepala SDN 12 Kayuagung

 

 

 

 

 

Ahmad, S.Pd M,Pd

NIP 197503012005011008

 

Kayuagung                         Kayuagung,       November 2021   

Guru Kelas

 

 

 

 

 

Sumiyati, S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran1 :

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

 

 

Lembar tempel cara Pembuatan Kompos dari bahan Organik

 

 


Tahap 1 sampah dedauanan yang telah di potong yang masih kering

 


 

 Tahap 2 diberi air dan di aduk rata

 

 


Tahap 3 diberi tanah

 

 

 

Tahap 4 ditutup menggunakan plastik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2:

 

BAHAN BACAAN PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK

 

Cara membuat pupuk kompos dari dedaunan 1 bulan jadi

https://kambingjoynim.com/cara-membuat-pupuk-kompos-dari-dedaunan/

 

 

 

 

Lampiran 3:

 

GLOSARIUM

 

Anorganik: adalah sampah yang sudah tidak dipakai lagi dan sulit terurai. Sampah anorganik yang tertimbun di tanah dapat menyebabkan pencemaran tanah karena sampah anorganik tergolong zat yang sulit terurai dan sampah itu akan tertimbun dalam tanah dalam waktu lama, ini menyebabkan rusaknya lapisan tanah.

 

Kompos: adalah bahan-bahan organik yang sudah mengalami proses pelapukan karena terjadi interaksi antara mikroorganisme atau bakteri pembusuk yang bekerja di dalam bahan organik tersebut.

 

Organik: adalah sampah yang berasal dari sisa mahkluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia untuk dapat terurai.

 

 

 

 

Lampiran 4:

DAFTAR PUSTAKA

Disusun nama(dibalik).Tahun.Judul dan tanggal akses

 

Raya. Putri.2021.Cara membuat pupuk kompos dari dedaunan 1 bulan jadi

https://kambingjoynim.com/cara-membuat-pupuk-kompos-dari-dedaunan/. diaksespada 15 November 2021

 

 

 

 

MODUL PROJEK DI KELAS 4


 

SK PROGRAM PROYEK KEARIFAN LOKAL I DAN IV

TEMA: LEGENDA LENGKUSE DAN PUTRI RAMBUT PUTIH

 

NO

NAMA

JABATAN

1

SUMIYATI, S.Pd

Ketua

2

Habibah, S.Pd, Sd

Wakil Ketua

3

Siti Aisah, S.Pd

Sekretaris

4

Koordinasi Lapangan

Putri Raya, S.Pd

 

 

Reni Gustia, S. Pd

 

Sumyati, S.Pd

 

SUSUNAN PERAN PEMAIN DRAMA

No

PERAN

JUMLAH

1

PUTRI

1

2

SULTAN

1

3

LENGKUSA

1

4

PENGAWAL

2

5

TETANGGA

1

6

PEMBACA NARASI

1

 

Mengetahui

Kepala SDN 12 Kayuagung

 

Ahmad, S.Pd M,Pd

NIP 197503012005011008




 

PROGRAM PROYEK KEARIFAN LOKAL (PUTRI BERAMBUT PUTIH)

KELAS I SEMESTER II TAHUN AJARAN 2021/2022

NO.

Jadwal Kegiatan

Waktu

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

1.

Menentukan Tema

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Rapat Tim

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

1.    Pengelanalan Budaya Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.    Pengenalan budaya lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.    Pengenalan budaya kedaton

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

Simulasi Drama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.

Asesmen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala SDN 12 Kayuagung

 

Ahmad, S.Pd M,Pd

NIP 197503012005011008

 

 Kayuagung,       Maret 2022   

Guru Kelas

 


TIM KELAS 4

 

 



PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA FASE B

SEMESTER II TAHUN AJARAN 2021-2022

 



 

TEMA                           : KEARIFAN LOKAL

JUDUL PROJEK     : LEGENDA PUTRI RAMBUT PUTIH

 

PENYUSUN               

     1. Sumiyati, S.Pd

                                  2. Siti Aisyah, S.Pd

  3. Putri Raya, S.Pd

  4. Sumyati, S.Pd

  5. Reni Gustia, S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

SD NEGERI 12 KAYUAGUNG

TAHUN AJARAN 2021-2022

 

 

MODUL PROJEK

PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

Informasi Umum

Penulis modul

Sumiyati,S.Pd.Siti Aisah,S.PdPutri Raya,S.Pd,  Reni Gustia, S. Pd, Sumyati, S.Pd (SDN 12 Kayuagung)

Sarana dan prasarana

Ruang Kelas, Lembar Kerja Peserta Didik, Proyektor, Laptop, sound system, atribut siswa

Target peserta didik

Kelas IV Jumlah siswa 60 Orang

Relevansi tema dan topik projek untuk satuan pendidikan

 

Hubungan kearifan lokal dengan legenda Putri rambut putih untuk satuan pendidikan agar dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air sehingga dapat di realisasikan dalam kehidupan sehari-hari khusunya pada karakter peserta didik

 

Komponen Inti

Deskripsi Singkat Projek

Cerita legenda Putri Rambut Putih

Berupa kegiatan menggali kisah warisan budaya daerah kedaton kec. Kayuagung dalam melestarikan budaya melalui drama musikalisasi

 

Dimensi dan subelemen dari profil pelajar Pancasila yang berkaitan

Berakhalak Mulia:

·         Sebagai bentuk ucapan rasa syukur terhadap kehidupan

·         Mengembangkan karakter yang terdapat dalam cerita

 

Gotong royong:

·         Kolaborasi, kerjasama

·         Kepeduliaan : tanggap terhadap situasi sosial

·         Berbagi

Kreatif:

·         Menghasilkan gagasan yang original

·         Menghasilkan karya dan tindakan yang original

·         Memiliki keluwesan berpikir

Berkebhinakaan global:

·         Mendalami budaya dan serta identitas budaya lokal

·         Mengekplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya kepercayaan serta praktik dalam kehidupan sehari-hari

·         Memiliki keluwesan berpikir

·          

Tujuan spesifik untuk fase tersebut

 

Ø  Peserta didik dapat menceritakan legenda Putri rambut putih memahami makna dari legenda tsb

Ø  Mengekplorasi pengetahuan budaya daerah kedaton

Ø  Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya daerah kedaton

Ø  Memiliki wawasan dalam berpikir

 

Alur kegiatan projek secara umum

Persiapan :

1.      Guru meyiapakn teks cerita legenda Putri rambut putih

2.      Guru menyiapkan sound system (laptop. Spekaer, proyektor, irama musik)

3.      Vidio dan dialog cerita Putri rambut putih

Pelaksanaan :

1.      Guru mengucapkan salam pada siswa

2.      siswa berdoa bersama yang dipimpin oleh ketua kelas

3.      Guru menanyakan kabar siswa

4.      Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran

5.      Siswa menonton tayangan singkat berupa video tentang legenda seriang kuning berambut panjang melaui projektor

 

Asesmen

Dimensi: karakter siswa, kreatif, berbhinekaan global, gotong royong

Pertanyaan pemantik

Guru bertanya lebih lanjut kepada siswa dengan beberapa pertanyaan pemantik seperti berikut :

a.       Apakah anak-anak pernah mendengar cerita Putri rambut putih?

b.      Berasal darimana cerita Putri rambut putih?

c.       Siapa saja tokoh dalam cerita Putri rambut putih ?

 

 

Pengayaan dan remedial

Informasi tentang makna cerita dari legenda Putri rambut putih

Refleksi peserta didik dan pendidik

 

Apa pendapat kalian tentang pembelajaran kita hari ini?

Apa pendapat kalian cerita Putri rambut putih?

 

 

Mengetahui

Kepala SDN 12 Kayuagung

 

 

 

 

 

Ahmad, S.Pd M,Pd

NIP 197503012005011008

 

Kayuagung                         Kayuagung,       Maret 2022   

Guru Kelas

 

 

 

 

 

TIM KELAS 4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN PENGEKPRESIAN DIALOG DALAM DRAMA

 

DAFTAR PUSTAKA

 

NO

KOMPONEN

SKOR

1

2

3

4

1

Ucapan ( terdengar jelas oleh penonton)

 

 

 

 

2

Intonasi (bervariasi sesuai tuntutan naskah)

 

 

 

 

3

Pengaturan jeda

 

 

 

 

4

Intensitas dan kelancaran berbicara (konsisten)

 

 

 

 

5

Kemunculan pertama (memberikan kesan yang baik)

 

 

 

 

6

Pemanfaatan ruang yang ada untuk memposisikan tubuh (bloking)

 

 

 

 

7

Ekpresi wajah (sesuai dengan karakter tokoh)

 

 

 

 

8

Ekpresi dialog untuk menggambarkan karakter tokoh

 

 

 

 

9

Pandangan mata dan gerak anggota tubuh

 

 

 

 

10

Gerakan (gestur tubuh)

 

 

 

 

 

Keterangan:

1.      Kurang

2.      Sedang

3.      Baik

4.      Baik sekali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumyati, 2022. Legenda Putri berambut Putih

https://kambingjoynim.com/cara-membuat-pupuk-kompos-dari-dedaunan/. diaksespada 15 November 2021

 



























 

Kayuagung                        Kayuagung,       Maret 2022   

Guru Kelas

 

TIM KELAS 4