SK PROGRAM PROYEK KEARIFAN LOKAL I DAN IV
TEMA: LEGENDA LENGKUSE
DAN PUTRI RAMBUT PUTIH
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
1
|
SUMIYATI,
S.Pd
|
Ketua
|
2
|
Habibah,
S.Pd, Sd
|
Wakil
Ketua
|
3
|
Siti Aisah,
S.Pd
|
Sekretaris
|
4
|
Koordinasi
Lapangan
|
Putri
Raya, S.Pd
|
|
|
Reni
Gustia, S. Pd
|
|
Sumyati, S.Pd
|
SUSUNAN PERAN PEMAIN DRAMA
No
|
PERAN
|
JUMLAH
|
1
|
PUTRI
|
1
|
2
|
SULTAN
|
1
|
3
|
LENGKUSA
|
1
|
4
|
PENGAWAL
|
2
|
5
|
TETANGGA
|
1
|
6
|
PEMBACA
NARASI
|
1
|
Mengetahui
Kepala SDN 12
Kayuagung
Ahmad,
S.Pd M,Pd NIP 197503012005011008
PROGRAM
PROYEK KEARIFAN LOKAL (PUTRI BERAMBUT PUTIH) KELAS
I SEMESTER II TAHUN AJARAN 2021/2022
NO.
|
Jadwal
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
1.
|
Menentukan
Tema
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Rapat
Tim
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
1. Pengelanalan Budaya Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengenalan budaya lokal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Pengenalan budaya kedaton
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Simulasi
Drama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Asesmen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala SDN 12 Kayuagung
Ahmad, S.Pd M,Pd
NIP 197503012005011008
|
|
Kayuagung, Maret 2022
Guru Kelas
TIM
KELAS 4
|
PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA FASE B SEMESTER II TAHUN
AJARAN 2021-2022
TEMA : KEARIFAN LOKAL JUDUL PROJEK : LEGENDA PUTRI RAMBUT PUTIH PENYUSUN : 1. Sumiyati, S.Pd 2.
Siti Aisyah, S.Pd 3. Putri Raya, S.Pd 4. Sumyati, S.Pd 5. Reni Gustia, S.Pd SD NEGERI 12 KAYUAGUNG TAHUN AJARAN 2021-2022 MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Informasi Umum
|
Penulis modul
|
Sumiyati,S.Pd.Siti Aisah,S.PdPutri
Raya,S.Pd, Reni Gustia, S. Pd,
Sumyati, S.Pd (SDN 12 Kayuagung)
|
Sarana dan prasarana
|
Ruang Kelas, Lembar Kerja Peserta Didik,
Proyektor, Laptop, sound system, atribut siswa
|
Target peserta didik
|
Kelas IV Jumlah siswa 60 Orang
|
Relevansi tema dan topik projek untuk satuan
pendidikan
|
Hubungan kearifan lokal dengan legenda Putri rambut putih untuk satuan pendidikan agar dapat
menumbuhkan rasa cinta tanah air sehingga dapat di realisasikan dalam
kehidupan sehari-hari khusunya pada karakter peserta didik
|
Komponen Inti
|
Deskripsi Singkat Projek
|
Cerita legenda Putri Rambut Putih
Berupa kegiatan menggali kisah warisan
budaya daerah kedaton kec. Kayuagung dalam melestarikan budaya melalui drama
musikalisasi
|
Dimensi dan subelemen dari profil pelajar
Pancasila yang berkaitan
|
Berakhalak Mulia:
·
Sebagai bentuk ucapan rasa syukur terhadap kehidupan
·
Mengembangkan karakter yang terdapat dalam cerita
Gotong royong:
·
Kolaborasi, kerjasama
·
Kepeduliaan : tanggap terhadap situasi sosial
·
Berbagi
Kreatif:
·
Menghasilkan gagasan yang original
·
Menghasilkan karya dan tindakan yang original
·
Memiliki keluwesan berpikir
Berkebhinakaan global:
·
Mendalami budaya dan serta identitas budaya lokal
·
Mengekplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya kepercayaan serta
praktik dalam kehidupan sehari-hari
·
Memiliki keluwesan berpikir
·
|
Tujuan spesifik untuk fase tersebut
|
Ø Peserta didik dapat menceritakan legenda Putri rambut putih memahami makna dari legenda tsb
Ø Mengekplorasi pengetahuan budaya daerah
kedaton
Ø Menumbuhkan rasa menghormati terhadap
keanekaragaman budaya daerah kedaton
Ø Memiliki wawasan dalam berpikir
|
Alur kegiatan projek secara umum
|
Persiapan
:
1.
Guru meyiapakn teks cerita legenda Putri rambut putih
2.
Guru menyiapkan sound system (laptop. Spekaer, proyektor,
irama musik)
3.
Vidio dan dialog cerita Putri rambut putih
Pelaksanaan
:
1. Guru mengucapkan salam pada siswa
2. siswa berdoa bersama yang dipimpin
oleh ketua kelas
3. Guru menanyakan kabar siswa
4. Guru menyampaikan Tujuan
pembelajaran
5. Siswa menonton tayangan singkat
berupa video tentang legenda seriang kuning berambut panjang melaui projektor
|
Asesmen
|
Dimensi: karakter siswa, kreatif,
berbhinekaan global, gotong royong
|
Pertanyaan pemantik
|
Guru bertanya lebih
lanjut kepada siswa dengan beberapa pertanyaan pemantik seperti berikut :
a. Apakah anak-anak pernah mendengar
cerita
Putri rambut putih?
b. Berasal darimana
cerita Putri rambut putih?
c.
Siapa saja tokoh dalam cerita Putri rambut putih ?
|
Pengayaan dan remedial
|
Informasi tentang makna cerita dari legenda Putri rambut
putih
|
Refleksi peserta didik dan pendidik
|
Apa pendapat kalian tentang pembelajaran
kita hari ini?
Apa pendapat kalian cerita Putri rambut putih?
|
Mengetahui
Kepala SDN
12 Kayuagung
Ahmad, S.Pd M,Pd
NIP 197503012005011008
|
|
Kayuagung Kayuagung, Maret 2022
Guru Kelas
TIM KELAS 4
|
RUBRIK
PENILAIAN PENGEKPRESIAN DIALOG DALAM DRAMA DAFTAR
PUSTAKA
NO
|
KOMPONEN
|
SKOR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Ucapan ( terdengar jelas oleh penonton)
|
|
|
|
|
2
|
Intonasi (bervariasi sesuai tuntutan naskah)
|
|
|
|
|
3
|
Pengaturan jeda
|
|
|
|
|
4
|
Intensitas dan kelancaran berbicara
(konsisten)
|
|
|
|
|
5
|
Kemunculan pertama (memberikan kesan yang
baik)
|
|
|
|
|
6
|
Pemanfaatan ruang yang ada untuk
memposisikan tubuh (bloking)
|
|
|
|
|
7
|
Ekpresi wajah (sesuai dengan karakter tokoh)
|
|
|
|
|
8
|
Ekpresi dialog untuk menggambarkan karakter
tokoh
|
|
|
|
|
9
|
Pandangan mata dan gerak anggota tubuh
|
|
|
|
|
10
|
Gerakan (gestur tubuh)
|
|
|
|
|
Keterangan: 1.
Kurang 2.
Sedang 3.
Baik 4.
Baik sekali Sumyati, 2022. Legenda Putri berambut Putih https://kambingjoynim.com/cara-membuat-pupuk-kompos-dari-dedaunan/.
diaksespada 15 November
2021
|
|
Kayuagung Kayuagung, Maret 2022
Guru Kelas
TIM KELAS 4
|